Cara Cek Status Akreditasi BAN-PT (baru)

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau yang biasa disingkat BAN-PT adalah lembaga akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

Cara mengecek status akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT sangat mudah, dapat dilakukan secara online untuk status akreditasi Program Studi dan status akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi itu sendiri, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Cara Cek Status Akreditasi Institusi

  1. Buka website BAN-PT di https://banpt.or.id/ atau disini.
  2. Pilih menu “Institusi” pada panel “Direktori” di bagian kanan website.institusi_1
  3. Masukkan nama institusi yang ingin anda ketahui status akreditasinya.
  4. Maka akan tampil status akreditasi Institusi yang anda cari, mulai dari Peringkat akreditasi, Nomor SK, Tahun SK, Wilayah, Tanggal Kedaluarsa hingga Status Kedaluarsa.institusi_2
  5. Selesai

Cara Cek Status Akreditasi Program Studi

  1. Buka website BAN-PT di https://banpt.or.id/ atau disini
  2. Pilih menu “Program Studi” pada panel “Direktori” di bagian kanan websiteprodi_1
  3. Masukkan nama Prodi yang ingin anda ketahui status akreditasinya pada kolom isian “Program Studi”
  4. Maka akan tampil status akreditasi Program Studi yang anda cari, mulai dari Institusinya, Jenjang Pendidikan, Wilayah, No. SK, Tahun SK, Peringkat, Tanggal Kedaluarsa, serta Status Kedaluarsa akreditasi prodi tersebut.prodi_2
  5. Dalam pencarian status akreditasi Program Studi, anda dapat mengisikan kolom “Perguruan Tinggi” agar mengetahui program studi apa saja yang terakreditasi pada institusi tersebut, selain itu anda juga dapat mengkombinasikan isian kolom “Perguruan Tinggi” dan isian kolom “Program Studi”nya untuk pencarian yang lebih spesifik.
  6. Selesaiprodi_3

Demikian cara Cek status akreditasi pada website BAN-PT. Semoga bermanfaat.




39 Responses to Cara Cek Status Akreditasi BAN-PT (baru)

  1. min mau nanya, ini utk Akreditasi Program Studi dari BAN-PT/LAM-PTKes/Pusdiknakes (sertifikat BAN-PT) diharuskan kah dalam pengisian dokumen pada saat pendaftaran CPNS? soalnya dari kampus tidak dikasih sertifikatnya sewaktu saya lulus kuliah (kampus swasta). itu gimana ya?

    Masalah keperluan dalam CPNS silahkan langsung ditanyakan pada panitia perekrut CPNS, sedangkan untuk sertifikat akreditasi silahkan ditanyakan langsung kepada program studi (kampus) masing-masing, demikian terimakasih telah berkunjung

    • Aga berkata:

      Cara mengecek web di ban-pt atau web apapun mengetahui semua kadaluarsanya institusi atau pun parodi gmna min tahun2 sebelumnya
      Terima kasih

      Silahkan kunjungi web BAN-PT DISINI Kemudian tentukan pilihan yang akan dicari pada bagian Perguruan Tinggi, Program Studi, Strata, Wilayah, dan Status Daluarsanya, demikian semoga dapat membantu dan terimakasih telah berkunjung

  2. alfi berkata:

    min mau tanya…dimana tempat cetak keterangan akreditasi?

    Khusus untuk akreditasi STMIK Palangkaraya bisa didownload disini. Namun jika yang dimaksud adalah akreditasi Institusi lain, maka bisa untuk menghubungi Institusi yang dimaksud. Terimakasih telah berkunjung.

  3. yunita berkata:

    kak apakah sama surat akreditasi BAN PT dan surat akreditasi LAM-KES soalnya di persyaratan cpns di sruh unggah akreditasi BAN PT? sedangkan sy minta akreditasi ke kampus yang di kasih akreditasi jurusan/LAMKES. katanya sudah berbedah, yang d pakai hanya satu akreditasi yaitu akreditasi lamkes/jurusan.
    thanks

    Mulai tahun 2015, untuk pendidikan tinggi di bidang kesehatan akreditasi yang digunakan adalah dari LAM-PTKes. Jika lulus sebelum tahun tersebut, kemungkinan masih menggunakan BAN-PT. Terimakasih telah berkunjung.

  4. rofiqoh berkata:

    min saya apoteker lulusan ISTN tahun 2011,dan saya ingin mengikuti CPNS, dan persyaratannya adalah melampirkan bukti akreditasi prodi saat tahun lulus,sedangkan dikampus skrg ada sertifikat akreditasi terbaru, bgmn solusi dari ban pt?

    Silahkan Cek Ketentuan pada Permenpan RB di SINI

    selanjutnya kalau dulu akreditasi prodi saya (apoteker) bergabung dengan Farmasi saat saya lulus, sedangkan yang dibutukan hanya akreditasi prodi apoteker saja, bagaimana kah?
    apakah saya bs mendapatkan copian leges prodi apoteker saya dari ban pt?

    Silahkan minta info dari program studi pada kampus Anda, demikian terimakasih telah berkunjung semoga ada manfaatnya

  5. Halil berkata:

    Saya lulusan Acprilesma Indonesia
    Dengan program Studi Manajemen Pembelajaran Guru MI .
    Tapi di Ban PT cuma yg terakriditasi hanya Manajemen Pendidikan Agama Islam.
    Apakah ada cara untuk mengecek bahwa program atau jurusan yg saya tempuh itu ada ?

    Silahkan ditanyakan ke pengelola program studinya masalah akreditasi prodi tsb, demikian terimakasih

  6. destya berkata:

    min tanya jika yang diminta akreditasi BAN PT dalam bentuk SK gimana min padahal saya punyanya scan sertifikat BAN PT?

    Dimintakan ke prodinya atau download di web prodinya jika disediakan di web

  7. kabupaten bekasi berkata:

    Saya buka web https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi tapi setelah dibuka hasil no data available in tabel, itu gimana ya min? makasih

    Mungkin data yang Anda masukan memang tidak terdapat dalam database BAN-PT atau penulisan yang Anda masukan salah, demikian info dari kami semoga dapat membantu, terimakasih telah berkunjung

  8. Agus rianto berkata:

    Min saya lulusan poltekkes jakarta 2 jurusan D4.teknik radiodignostik dan radioterapitahun 2009.untuk persyaratan cpns hrus menyertakan sertifikat akreditasi sudah searcing kemana2 blm dapet.mohon kl admin ada bisa dibantu ya

    Sertifikat akreditasi program studi dapat diperoleh di Program Studi saat Anda menempuh pendidikan waktu itu, silahkan tanyakan kepada program studinya, demikian semoga dapat membantu dan terimakasih telah berkunjung

  9. Ahmad Wahidi berkata:

    Min mhn info’y,,,, kalau kampus STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN sd terakreditasi apa blm ya sxn sama program setudinya S1 PJKR….

    Makasih Min

    Silahkan kunjungi Web BAN-PT di SINI kemudian pilih link Program Studi pada bagian DIREKTORI selanjutnya silahkan isikan data akreditasi yang Anda inginkan, demikian semoga dapat membantu dan terimakasih telah berkunjung

    • SUHERI berkata:

      MIN SAYA SUDAH ISIKAN SEMUA TP KOK TDK MUNCUL SAYA LULUSAN TAHUN 2012 UNP PGRI KEDIRI PJOK PRODI SAYA..SOLUSINYA GMN..HBS ISI DI ENTER APA OTOMATIS KELUAR

      Coba kunjungi web BAN-PT di SINI Kemudian scrol ke sebelah kanan temukan bagian DIREKTORI selanjutnya klik link PROGRAM STUDI, Kemudian pada halamanan program studi isikan bagian Nama Perguruan Tinggi dengan Nama Perguruan Tinggi Anda, bagian Program Studi isikan Nama Program Studi Anda, jika pengisian sudah benar harusnya halaman langsung menampilkan semua data program studi yang sudah terakreditasi, demikan semoga dapat membantu dan terimakasih telah berkunjung ke STMIK PALANGKARAYA

      • SITI RAMLAH berkata:

        mohon solusinya pihak admin bagaimana untuk mendapatkan salinan sertifikat akreditas prodi PPKn Universitas Kanjuruhan Malang lulusan 2007

        Salinan Sertifikat Akreditasi Prodi maupun SK Akreditasi Prodi hanya dapat dimintakan pada Program Studi masing-masing dimana kita menempuh pendidikan, demikian dari kami semoga dapat membantu dan ada manfaatnya

  10. Santi berkata:

    Status STAI Aprilesma ktnya tutup kampus gimana ya trus status akreditasinya lulusan 2013 gimana ya caranya pdhal to syarat cpns mohon dibantu

    Jika institusi telah ditutup, sepengetahuan kami dimintakan keterangan dari institusi yang ada di atasnya yaitu Kopertis Wilayahnya (LLDIKTI Wilayah masing-masing), terimakasih semoga dapat membantu

  11. baharuddin berkata:

    gimana cara melihat akreditasi pada saat tahun lulus 2010??? soalnya harus akreditasi tahun kelulusan min…

    Sepengetahuan kami di Situs BAN-PT hanya menampilkan data akreditasi terbaru saja, jadi jika memerlukan dokumen akreditasi sebelumnya sebaiknya minta dari program studi masing-masing (datang ke kampus), terimakasih telah berkunjung semoga dapat membantu

  12. Ira berkata:

    Min saya lulus tahun 2006 jadi yang saya pakai akreditas sekarang atau masih 2006 sementara kampus hanya menyediakan akreditas tahun sekarang

    Persyaratan institusi perekrut tenaga kerja (ASN) yang sekarang meminta akreditasi saat kelulusan, maka sebaikya diberikan dokumen akreditasi yang masih berlaku pada saat ijasah dikeluarkan, demikian semoga dapat membantu, terima kasih telah berkunjung

  13. Ira berkata:

    Min saya lulus tahun 2006 sementara kampus memberikan akreditas tahun sekarang apakah itu nanti bermasalah saat verifikasi berkas pendaftaran cpns.

    Sepengetahuan kami bahwa pada saat ini institusi perekrut tenaga kerja (ASN) meminta status akreditasi ijasah lulusan pada saat ijasah dikeluarkan, jadi Jika Ijasah kita dikeluarkan pada tahun 2006 maka akreditasi yang digunakan adalah yang berlaku pada saat itu. Misalnya tanggal ijasah atau tanggal kelulusannya 01 Januari 2006 maka akreditasi yang digunakan adalah akreditasi dengan masa berlaku yang didalamnya ada tanggal 01 Januari 2006 tersebut.
    Berbeda dengan perekrutan tahun sebelumnya yang mensyratkan akreditasi program studi terbaru, demikian semoga dapat membantu

  14. tary berkata:

    maaf mau tanya untuk legalisir sertifika5 akreditasi harus ke ban pt nyablangsung atau ke kampus masing2?

    Sepengetahuan kami bahwa yang berhak melegalisasi dokumen adalah institusi yang mengeluarkan dokumen tersebut, namun jika institusi yang mengeluarkan sudah tidak operasional lagi maka yang berhak melegalisasi dokumen dimaksud adalah institusi yang lebih tinggi, bukan institusi yang diberi dokumen atau institusi yang di bawahnya. Sebagai contoh Ijasah seorang lulusan yang berhak melegalisasi adalah Pimpinan dari institusi yang mengeluarkan ijasah atau institusi diatasnya bukan kita sebagai pemegang ijasah yang melakukan legalisasi, demikian semoga dapat memberikan pencerahan bagi kita semua, terimakasih telah berkunjung…

  15. Hallo Min, minta tolong scan salinan sertifikat akreditasi BANPT UNITOMO Surabaya, jurusan bahasa indonesia dan sastra sebagai syarat pengajuan CPNS. TERIMA KASIH……….

    Mohon maaf, berkaitan dengan hal yang dimaksud silahkan koordinasikan dengan Institusi terkait. Terimakasih.

  16. Listi berkata:

    Mimin yang baik hati, minta tlg dong scan salinan srtfikat akreditasi ban pt untuk UT (universitas) dan PGSD UT (fkip/fakultasnya)
    Please…

    Mohon maaf, untuk hal tersebut silahkan koordinasikan dengan institusi yang dimaksud. Terimakasih.

  17. Meliana Ratu Djara berkata:

    mohon kirim bukti akreditasi program studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka Kupang NTT

    Mohon maaf, untuk hal tersebut silahkan koordinasikan dengan institusi yang dimaksud. Terimakasih.

  18. Nana berkata:

    hallo min.. mohon info donk apakah stmik ada sertifikat akreditasi ? klo ada apa bs dishare scan’nya di sini? ato harus urus masing2 ke kampus lagi?makasih 😄

    Bukti akreditasi bisa didownload disini. Terimakasih.

  19. Erik berkata:

    Mau tanya nih. Cara download ban pt gimana.? Apakah harus dari kampus atau bisa didownload.? Kalo bisa didownload gimana langkahnua. Makasih

    Kalo yang dimaksud adalah SK akreditasi dari BAN-PT, bisa dimintakan salinannya dengan masing-masing perguruan tinggi. Tapi kalo yang dimaksud memang mau mendownload BAN-PTnya saya sendiri juga belum tau caranya. :D. Terimakasih

  20. irawati sirait berkata:

    Yang tidak terakreditasi ban pt, brarti tidak bisa mendaftar cpns yah min?

    Untuk persyaratan penerimaan calon pegawai ditentukan oleh masing-masing instansi yang melakukan perekrutan. Terimakasih.

  21. rani berkata:

    ga bisa d buka knapa ya

    Baru saja dicoba, masih bisa kok. 🙂

  22. Syafrizal zet berkata:

    Malam min, gimana bentuknya akreditasi universitas yg hrus dscan unutk pendaftaran cpns?

    Tergantung instansi yang mengajukan persyaratannya. Bisa berupa scan SK, Sertifikat atau surat keterangan.

  23. Tuti berkata:

    Linknya gak bisa dibuka min. Kenapa ya?

    Sudah di perbaiki, silahkan dicoba kembali. Terimakasih telah berkunjung 🙂

  24. sole berkata:

    mau tanya kalo Pencarian Institusi | BAN-PT gak ada/terdaftar akreditas kampusnya ..tapi Pencarian Prodi | BAN-PT secara study kampus ada akreditasnya itu gimana ya….
    apakah nanti akan menjadi masalah di bagi PNS…atau tunjangan dari pemerintah

    Kalo seperti itu, kemungkinan institusinya belum terakreditasi

  25. HUsran berkata:

    Ko situsnya ngga bisa terbuka

  26. lilicpns berkata:

    MIN MAAF, INI CETAKNYA GIMNA.. 🙂

    Bisa dengan menekan tombol ctrl + p.

  27. yanni berkata:

    Sertifukat untuk politeknik negeri kupang ko tdak ada .

    Untuk sertifikat akreditasi memang tidak disediakan di website BAN-PT. Terima kasih.

  28. I Nyoman Dana berkata:

    min, di pendaftaran CPNS Tahun 2017 ada beberapa lowongan yang mengakomodir Lulusan Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi Negara, apakah Administrasi Negara sama saja dengan Ilmu Administrasi Negara??? atau memang berbeda

    Untuk masalah tersebut, silahkan langsung konfirmasi dengan instansi terkait. Terima kasih.

  29. amir berkata:

    gimana nih klw sertifkat program studi… hilang…

  30. novicha berkata:

    min, status akreditasi banpt itu hanya bisa di cek ya? tidak bisa di downoad dalam bentuk pdf? karena untuk persayaratan pendaftaran cpns harus dicetak dalam bentuk file

    Iya, status akreditasi dari website BAN-PT tidak disediakan dalam bentuk pdf. Untuk surat keterangan atau fotokopi sertifikat akreditasi, silahkan tanyakan di kampus masing-masing. Terimakasih.

  31. sem niuf eki berkata:

    Status universitas pgri upg 45 ntt masi berstatus akritasi c peraturan mulai tahun 2015 harus sekuran-kuran akritasi b bagi pns yang melanjutkan pendidikan.

  32. UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *