LLDIKTI XI Dorong PTS Manfaatkan Media Sosial

Tidak dapat disangkal penggunaan medsos sekarang ini tidak hanya ditujukan untuk bersosialisasi di dunia maya, tetapi juga digunakan sebagai media penyampaiaan informasi. Berdasarkan fakta tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof. Dr. H. Idiannor Mahyudin, M.Si. mendorong PTS yang berada di bawahnya untuk ikut memanfaatkan media sosial dalam penyebaran berita mengenai institusinya masing-masing melalui kegiatan Workshop Kehumasan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan pada hari Sabtu, 22 September 2018 yang lalu. Kegiatan ini bertujuan agar pengelola kehumasan di PTS lingkungan LLDIKTI XI dapat mengoptimalkan penyampaian informasi kepada masyarakat pada media online/website dan media sosial yang ada.

Acara yang diselenggarakan di Aquarius Boutique Hotel Palangkaraya ini dihadiri oleh perwakilan dari PTS Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kaltara dan dibuka langsung oleh Kepala LLDIKTI WIlayah XI Kalimantan. “Masyarakat luar perlu untuk mengetahui perkembangan kampus, bagaimana proses belajar mengajar, bagaimana visi misi, apa saja prestasi yang berhasil diperoleh, serta bagaimana pelayanan kampus. Semuanya harus diinformasikan melalui bagian kehumasan, dapat diinformasikan melalui website kampus, ataupun akun-akun media sosial kampus. Dan setiap Perguruan Tinggi wajib memiliki akun media sosial resmi” ungkapnya dalam sambutan pembukaan.

Zainal Abidin, Kepala Biro Antaranews Palangka Raya selaku narasumber menyampaikan bahwa apa yang diberitakan tidak harus kegiatan formal. “Sebarkanlah berita-berita kampus melalui media sosial yang ada, karena penggunaan media sosial memang sangat efektif untuk menyampaikan informasi. Apa yang menjadi berita itu tidak harus kegiatan formal, bisa saja kegiatan-kegiatan kampus yang lain. Yang terpenting kita harus bisa menentukan judul berita yang menarik minat orang lain untuk membacanya, tanpa harus mengurangi relasinya dengan isi berita itu sendiri.” ujarnya.

Pada sesi 2, yang menjadi narasumber adalah Musyafi’, Pimpinan Redaksi Banjarmasin Post. Dia mengatakan bahwa sekarang penggunaan gadget smartphone lebih besar dibanding penggunaan komputer/laptop dalam mengakses internet. “Setiap pemberitaan melalui internet harus ramah mobile, karena pengguna/pengunjung internet kebanyakan adalah pengguna smartphone. Sesuaikan resolusi gambar, ukuran huruf, jenis huruf untuk keperluan mobile”. sampainya. “Dalam menyampaikan berita melalui media sosial, sampaikankan informasi berupa infografis, foto-foto kegiatan berserta captionnya, dan video kegiatan berserta subtitlenya.” sambungnya lagi.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *