Sosialisasi Masyarakat Cerdas Teknologi Informasi

Pada tanggal 02-03 Oktober 2017 STMIK Palangkaraya kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang diwakili oleh 3 (tiga) orang dosen tetapnya yaitu Bapak Heri Setiawan, M.Kom. (Program Studi Teknik Informatika), Bapak Rio Irawan, M.Kom. (Program Studi Sistem Informasi) dan Bapak Suparno, M.Kom. (Program Studi Manajemen Informatika). Kali ini pengabdian masyarakat dilaksanakan di Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gunung Mas di ibukota kabupatennya yaitu Kuala Kurun. Tiga orang dosen tersebut dikirim sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman Menuju Masyarakat Cerdas Teknologi Informasi. Target peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah berasal dari kalangan remaja dan pemuda yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Mas, namun yang dapat hadir hanya sebanyak 116 orang yang berasal dari SMK Negeri 1 Kuala Kurun sebanyak 25 orang, SMA Negeri 1 Kuala Kurun berjumlah 25 orang, SMA Katholik juga 25 orang dan Madrasyah Aliyah Nurul Yaqin Kuala Kurun sebanyak 17 orang, selain itu juga dihadiri 4 orang guru pendamping dari masing-masing sekolah sedangkan undangan lain yang hadir 20 orang serta pegawai dinas Kominfo Kuala Kurun.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gunung Mas Bapak Drs. Dihel, M.Si. Menyampaikan harapannya bahwa dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini maka para generasi muda khususnya yang ada di wilayah kabupaten Gunung Mas dapat memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama internet yang sudah menjadi kebutuhan bagi semua manusia dalam menunjang prestasi dan dapat lebih cerdas, kreatif dan produktif dalam menggunakannya.

Dalam sambutannya, Drs. Dihel, M.Si. juga mengungkapkan bahwa “Menyadari perkembangan kemajuan teknologi informasi dan teklekomunikasi yang sangat cepat tanpa mengenal batas, ruang dan waktu sudah barang tentu membawa perubahan dan dampak terhadap kehidupan manusia secara positif. Maka kita harus mampu memilih mana yang positif dan bermanfaat maka perlu ditiru, sedangkan yang negatif wajib kita tinggalkan,” pungkasnya.

Sementara itu ketua panitia, Bapak Supriadi, SE menambhakan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi masyarakat cerdas teknologi dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat dilingkungan pemerintah Kabupaten Gunung Mas adalah untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada generasi muda kita khususnya adik-adik para pelajar yang berada di kota Kuala Kurun, mengenai teknologi informasi yang dampaknya luar biasa bagi kehidupan kita sehari-hari baik yang positif atau baik dan sebaliknya berdampaknya negative atau buruk.

Peserta dalam kegiatan tersebut terlihat sangat antusias karena informasi yang disampaikan juga sesuai dengan kebutuhan pada saat ini terutama dalam hal pemanfaatan internet untuk membantu prestasi dalam pendidikan, pemanfaatan internet secara kreatif untuk menambah penghasilan keluarga dan pemanfaatan internet secara produktif untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi-aplikasi yang disediakan di internet. Beberapa peserta yang sempat menyampaikan permasalahan dan tanggapannya diantaranya adalah Paula, Maryati dan Mersiana (ketiganya adalah siswa SMA Katholik) yang menyampaikan pertanyaan mengenai cara-cara dalam memblokir situs-situs dewasa dan cara melaporkan sebuah situs yang kontennya tidak sehat, disesi selanjutnya masih dari SMA Katholik disampaikan oleh Alfin, Meisya dan Yuli Handayani yang menyampaikan permasalah seputar toko online dan bagaimana teknis pendapatan yang bisa diperoleh dari toko online, sedangkan dari Madrasyah Aliyah Nurul Yaqin menyampaikan pertanyaan mengenai bagaimana cara menghindari kecanduan teknologi yang disampaikan oleh Natalisa. Peserta dari SMA Negeri 1 Kuala Kurun menyampaikan permasalahan cara-cara atau kiat dalam memblokir iklan-iklan yang sering muncul otomatis terutama iklan-iklan yang mengarah ke situs-situs berkonten dewasa.

Alhamdulillah penjelasan dan informasi yang disampaikan oleh ketia narasumber yang diberikan dalam menanggapi semua permasalahan dan pertanyaan yang disampaikan oleh peserta tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta dalam sosialisasi tersebut.

5 Responses to Sosialisasi Masyarakat Cerdas Teknologi Informasi

  1. agus says:

    Terima Kasih STMIK Palangka Raya

  2. M.Pahrozi says:

    Mohon maaf, yudisium dan wisuda pelaksanaannya kapan ya min 🙂
    Terimakasih

    Kita masih menunggu validasi lulusan dari pihak Kopertis XI. Kalo sudah keluar hasilnya, akan segera kita umumkan tanggal pelaksanaan yudisium dan wisuda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *