STMIK Palangkaraya pada KKG/MGMP di Lingkungan Kementerian Agama Kota Palangkaraya Tahun 2014

Saat Memberikan Materi

Kelompok Kerja Guru (KKG) pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dilaksanakan dengan tujuan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah khususnya di lingkungan kementerian Agama Kota Palangka Raya, karena Guru memegang peran yang sangat strategis dalam usaha pencapaian keberhasilan pembelajaran.  Selain itu seorang guru memiliki peran yang besar dalam  peningkatan mutu pendidikan. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan profesional guru yang salah satunya adalah menyelenggarakan KKG/ MGMP ini.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasarkan pada Surat Keputusan  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya Nomor  Kd.21.06/4/PP/1525/2014, Tanggal 14 April 2014 tentang pembentukan Panitia Pembinaan KKG/MGMP Madrasah Tahun 2014.

Dalam kegiatan KKG/MGMP yang dilaksanakan di Hotel Grand Global, STMIK Palangkaraya turut berperan aktif sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu dengan memberikan dukungan penyediaan narasumber sebagai pemateri bidang Teknologi Informasi.

Adapun materi bidang teknologi informasi yang diberikan adalah Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Pembelajaran disampaikan oleh bapak Suparno, S.Kom. yang mengulas tentang pembuatan media pembelajaran menggunakan salah satu software yang sudah populer saat ini, yaitu Microsoft Power Point. Dalam ulasan materinya Bapak Suparno, S.Kom. menyampaikan bahwa pada dasarnya guru-guru pada saat ini sebenarnya bukan tidak mengerti dalam memanfaatkan peralatan teknologi informasi yang ada, buktinya dalam kegiatan KKG/MGMP ini diperoleh informasi bahwa pada umumnya madrasah yang ada di kota Palangkaraya telah dilengkapi dengan peralatan teknologi guna menunjang kegiatan dalam pembelajaran, salah satunya adalah dilengkapinya setiap ruang kelas dengan LCD Projector. Namun masih banyak guru yang belum dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan optimal, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah sulit atau kurangnya tutorial yang tersedia untuk meningkatkan kemampuan dalam penggunaan perangkat tersebut, khususnya dalam membuat materi/bahan ajar dengan media pembelajaran yang sesuai.

Untuk itulah dalam kegiatan KKG/MGMP ini diberikan materi mengenai bagaimana cara membuat slide presentasi tentang mata pelajaran yang disampaikan oleh peserta dalam kegiatan ini menggunakan software yang sudah sering digunakan sekaligus mendokumentasikan slide yang dibuat menjadi dokumen berbentuk video dengan format AVI maupun format yang lain (contoh dokumen format AVI yang dibuat dalam kegiatan ini dapat di download di sini).




One Response to STMIK Palangkaraya pada KKG/MGMP di Lingkungan Kementerian Agama Kota Palangkaraya Tahun 2014

  1. Rahmi Agustina berkata:

    Pada era teknologi saat ini benar semuanya sudah dilakukan dengan berbagai teknologi. Lalu,apakah semua guru di seluruh Indonesia dituntut untuk memanfaatkan teknologi atau hanya di Palangkaraya saja?

    Terimakasih telah berkunjung, menurut kami kedepannya profesi apapun nantinya kita, dimanapun kita bekerja maka mau tidak mau atau suka tidak suka harus selalu bersentuhan dengan yang namanya teknologi, terlebih lagi saat ini kita telah berada pada masa Revolusi Industri 4 maka hampir semua aktifitas kita selalu bersentuhan dengan teknologi informasi, demikian menurut kami semoga dapat memberikan manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *