STMIK Palangkaraya Salurkan Zakat Profesi Melalui BAZNAS Provinsi Kalimantan Tengah

Palangka Raya. Zakat merupakan salah satu dari 5 rukun Islam. Kewajiban zakat berlaku bagi setiap umat Islam baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki harta dengan kadar minimal tertentu. Zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh orang tertentu, dengan syarat tertentu dan kadar jumlah tertentu.

Salah satu bentuk zakat yang menjadi kewajiban umat Islam adalah zakat terhadap penghasilan atau sering disebut dengan zakat profesi. Zakat profesi menurut sebagian ahli fikih diqiyaskan dengan zakat pertanian dan sebagian lain mengqiyaskannya dengan zakat harta biasa. Kadar harta (penghasilan) yang dikenakan zakat adalah 2,5% dari total penghasilan selama setahun jika sebanding atau lebih dari nilai emas 85 gram.

Penyerahan Zakat Profesi ke BAZNAS Prov. KaltengPengurus Mushalla Nurul ‘Ilmi STMIK Palangkaraya mengumpulkan zakat profesi dari Dosen dan Karyawan selama 2 bulan, terkumpul sebanyak Rp. 2.066.000,-. Pada hari Jum’at, 16 November 2018 zakat ini langsung diserahkan kepada BAZNAS Provinsi kalimantan Tengah yang beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 97 Pahandut, Kota Palangka Raya (seberang Sendy’s).

Penyerahan zakat profesi ini dilakukan oleh pengurus Mushalla Nurul ‘Ilmi STMIK Palangkaraya, dalam hali ini diwakili oleh Ketua dan Sekretaris, saudara Muhammad Erfan dan Mokhamad Romadhon. Diterima oleh ‘amil BAZNAS Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh saudara Makrifansyah.

Selain menyerahkan zakat profesi, perwakilan pengurus Mushalla Nurul ‘Ilmi dan BAZNAS Provinsi juga berdiskusi singkat tentang beberapa hal terkait penyaluran dan pemanfaatan dana zakat yang dikelola oleh BAZNAS. Hal yang paling mengemuka dalam diskusi tersebut adalah tentang pemanfaatan dana zakat untuk muallaf dan membantu biaya pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa muslim. BAZNAS mempersilakan untuk mengajukan bantuan biaya pendidikan, dan nantinya akan dibahas oleh pengurus BAZNAS Provinsi dalam rapat internal. -BHC-




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *