UP3M STMIK Palangkaraya Adakan Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Palangkaraya melalui Unit Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (UP3M) bekerjasama dengan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar pelatihan menulis artikel jurnal internasional selama dua hari. Pelatihan penulisan artikel dilaksanakan di Kampus Bebas Narkoba, STMIK Palangkaraya, Sabtu dan Minggu (10-11 Maret 2018) dengan pemateri Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom.

Keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional penting artinya dalam menunjang internasionalisasi perguruan tinggi. Semakin tinggi jumlah publikasinya, angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, perlu peningkatan kemampuan dalam penulisan artikel dan jurnal bagi dosen khususnya dosen-dosen STMIK Palangkaraya.

Peserta pelatihan juga diajak untuk mengenali standar mutu penulisan ilmiah yang layak dipublikasikan dalam jurnal internasional. Ini merupakan hal yang sangat penting karena ada beberapa dosen yang memiliki penelitian berkualitas namun tidak memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah dengan mutu yang bagus. Akhirnya produk artikelnya dianggap belum layak untuk dimuat dalam halaman-halaman jurnal bergengsi atau jurnal bereputasi. Pada umumnya dosen-dosen tidak mengetahui prosedur dasar pengiriman karya ilmiahnya tersebut.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak para peserta yang merupakan dosen dari STMIK Palangkaraya dan Program Studi Teknik Informatika UPR untuk membiasakan diri menulis artikel di jurnal internasional, yang dapat mendukung kenaikan pangkat dan juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, ungkap Ketua STMIK Palangkaraya pada saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, peserta dilatih agar artikel atau karya ilmiah bisa segera dimuat dalam jurnal internasional. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom. dengan gaya yang menyenangkan memberikan trik bagaimana cara menulis artikel atau jurnal, mulai dari judul, adanya unsur yang baru, memodifikasi domain penelitian termasuk cara mengenali publisher yang dapat menerima artikel dosen pemula dalam jurnal internasional sehingga dapat dipublikasikan oleh jurnal internasional yang tepat, bukan jurnal predator.

Kegiatan menulis artikel atau jurnal merupakan kewajiban bagi seorang dosen, baik berpangkat lektor, lektor kepala maupun guru besar, sebagaimana aturan yang diwajibkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Karenanya kegiatan menulis jurnal sangat mungkin dilakukan oleh semua dosen dan harus

dilakukan, meskipun kenyataannya adalah publikasi jurnal internasional itu tidak mudah namun kegiatan menulis jurnal berskala publikasi internasional juga tidak sesulit yang dibayangkan.

Oleh sebab itu, Pak Nizar (panggilan akrab narasumber) menuturkan dengan pengalaman menulis beliau pada jurnal internasional dan juga sebagaiĀ reviewer, sangat penting untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya tersebut kepada rekan-rekan dosen di Palangkaraya. Untuk itulah, STMIK Palangkaraya memprakarsai penyelenggaraan pelatihan yang sangat penting ini, dengan harapan dosen-dosen di Palangkaraya khususnya dosen STMIK Palangkaraya, artikelnya mampu menembus jurnal internasional, amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *