Wisuda STMIK Palangkaraya


Senin, 19 November 2018 bertempat di Kahayan Ballroom Swiss-BelHotel Danum Palangka Raya STMIK Palangkaraya untuk yang kesekian kalinya kembali menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana dan Program Diploma. Dalam kegiatan tersebut Ketua STMIK Palangkaraya mewisuda sebanyak 151 lulusan dari tiga program studi yang ada dengan rincian program studi Sistem Informasi sebanyak 87 mahasiswa, program studi Teknik Informatika sebanyak 50 mahasiswa dan program studi Manajemen Informatika sebanyak 14 mahasiswa.

Meskipun wisuda kali ini ada penurunan jumlah mahasiswa yang di wisuda jika dibandingkan dengan wisuda pada tahun sebelumnya, namun ada peningkatan kualitas lulusannya. Hal ini ditunjukan dengan lama studi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya yang mampu menembus angka 3 tahun 9 bulan, demikian ungkap Ketua STMIK Palangkaraya dalam laporannya.

Dalam wisuda kali ini ada Hal yang membanggakan, yaitu dari 151 wisudawan yang dikukuhkan pada wisuda tersebut diantaranya ada sebanyak 35 lulusan yang berpredikat “Dengan Pujian” yang terdiri dari 22 lulusan program studi Sistem Informasi, 9 lulusan program studi Teknik Informatika, dan 4 lulusan program studi Manajemen Informatika.

Ketua STMIK Palangkaraya juga mengingatkan kepada para wisudawan bahwa “di luar sana persaingan dalam memperoleh pekerjaan sangatlah ketat karena itu perlu kita tanamkan konsep pada diri kita bahwa Ijazah hukumnya WAJIB, Akreditasi hukumnya PENTING, namun Kompetensi barulah KEREN. Karena hanya dengan cara tersebut mindset yang ada selama ini yaitu lulus kuliah harus menjadi pegawai negeri, yakin dapat kita ubah. Terlebih dengan kompetensi yang Saudara miliki saat ini, jangnkan memperoleh pekerjaan yang layak, menciptakan lapangan pekerjaan pun kami yakin PASTI BISA…! Oleh karena itu asahlah terus keterampilan dan kompetensi yang sudah ada karena di luar sana yang terlihat adalah Kompetensi yang kita miliki.

Khusus bagi wisudawan, wisuda kali ini merupakan wisuda yang Sangat Spesial karena dalam acara wisuda tersebut Bapak H. Sugianto Sabran selaku Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah berkenan hadir untuk memberikan sambutan dan motivasi untuk para lulusan yang diwisuda. Dalam sambutannya, Bapak Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa sebagai lulusan yang nantinya pasti terjun di masyarakat harus mempunyai keberanian dan kejujuran sehingga dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki agar dapat meraih apa yang dicita-citakan. Namun demikian Bapak Gubernur menambahkan bahwa jika nantinya sudah menjadi orang yang sukses di masyarakat janganlah lupa dengan siapa yang ada di balik kesuksesan tersebut, mereka adalah Kedua Orang Tua kita, Bapak dan Ibu kita, maka berbaktilah selalu kepada mereka berdua.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua STMIK Palangkaraya kepada para wisudawan “Pandanglah Wajah Ayah Ibu, Peganglah Tapak Tangan Keduanya, Disanalah Sumber Kasih Sayang dan Keberhasilan Kita, Jangan Lupakan Mereka…!

Yang cukup mengejutkan bagi para wisudawan khususnya bagi wisudawan peraih predikat wisudawan terbaik sebanyak 12 orang dari masing-masing program studi diberikan kejutan oleh Bapak Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah yang memberikan apresiasi kepada lulusan terbaik dalam bentuk uang tunai.

Kebanggaan STMIK Palangkaraya bukan hanya telah meluluskan mahasiswa yang diasuhnya saja namun ada hal yang lebih membanggakan dalam proses meluluskan mahasiswanya, yaitu STMIK Palangkaraya sampai saat ini mampu menjaga kualitas dalam proses perkuliahannya. Dalam proses perkuliahan yang dilaksanakan, STMIK Palangkaraya berpegang teguh pada Motto “Kuliah Beneran, Benar-Benar Kuliah” sehingga lulusnya mahasiswa dari bangku kuliahnya karena memang benar-benar hasil dari perjuangan mahasiswa bukan dengan praktik-praktik yang tercela. Prestasi dan predikat yang diraih oleh wisudawan sebagai wisudawan terbaik juga karena memang benar-benar hasil dari rangkaian proses yang sesuai dengan prosedur, tata tertib dan ketentuan yang berlaku.

Disampaikan oleh Ketua STMIK Palangkaraya bahwa Motto tersebut adalah Motto yang sangat Adaftif dan Fleksibel karena motto tersebut akan selalu sesuai diterapkan dimanapun dan kapapun oleh lulusannya. Jika lulusannya nanti bekerja maka akan “Bekerja Beneran, Benar-Benar Bekerja”, jika lulusannya nanti berwirausaha maka akan “Wirausaha Beneran, Benar-Benar Wirausaha”, jika lulusannya nanti menjadi seorang anggota perwakilan rakyat maka akan menjadi “Wakil Rakyat Beneran, Benar-Benar Wakil Rakyat”.

Diakhir laporannya, Ketua STMIK Palangkaraya menyampaikan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensi wisudawan agar dapat merebut ketatnya persaingan global dan dapat bermanfaat dalam masyarakat.

Berikut adalah video Berita tentang Wisuda STMIK Palangkaraya Tanggal 19 November 2018 pada acara Katambung TVRI Kalimantan Tengah




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *